Follow Me 
  

CARA DAN TEKNIK MEMBUAT RELIEF

Relief adalah gambar atau lukisan yang ditampilkan dalam bentuk 3 dimensi yang biasanya dibuat di atas batu. Bentuk ukirannya biasanya banyak dijumpai pada bangunan candi, kuil, monumen dan tempat bersejarah kuno. Di Indonesia, relief pada dinding candi Borobudur merupakan salah satu contoh yang dipakai untuk menggambarkan kehidupan sang Buddha dan ajaran-ajarannya. Relief ini  terdiri atas lebih dari 1400 panel relief yang dipakai untuk menceritakan semua ajaran sang Buddha Gautama.

Cara yang digunakan membuat relief  ditentukan oleh jenis bahan yang akan dibentuk. Ada bahan yang bersifat keras, padat, lunak, dan lentur. Bahan-bahannya pun dapat diperoleh dari alam terbuka seperti kayu, tanah dan batu. Namun ada juga bahan yang dibuat oleh pabrik seperti plastisin, lilin, dan malam ataupun sabun batang.

Berikut ini beberapa teknik membuat Relief :
Memahat
Memahat adalah membentuk sesuatu dari bahan keras dengan mempergunakan pahat. Bahan yang biasa dipahat seperti batu, kayu, marmer dan gading

Membutsir
Membutsir adalah membentuk sesuatu dengan menggunakan jari dan alat sudip. Bahan-bahannya antara lain tanah liat, plastisin, lilin, malam, bubur kertas dll.

Mengecor
Mengecor adalah menuang dalam cetakan. Oleh karena itu, yang perlu dibuat terlebbih dahulu adalah pola acuannya atau cetakannya. Bahan pengisinya adalah lilin cair atau adukkan semen.


***dari berbagai sumber



SOFTWARE PENAMBAH SALDO REKENING TABUNGAN
Anda ingin uang mengalir terus ke rekening Anda?
Inilah solusinya. Download Segera. GRATIS!!

2 komentar:

Posting Komentar


 

Designed by Isdaryanto | Indexed by Google, Yahoo and Bing