Follow Me 
  

PENGERTIAN DAN BENTUK MOTIF HIAS

 Karya seni rupa yang dibuat pada bidang yang mempunyai ukuran panjang,lebar, dan tebal atau kedalaman.
Pengertian Motif hias adalah dasar atau corak dari sebuah bidang sehingga terlihat indah.corak ini kemudian akan membentuk suatu motif hias yang bisa menimbulkan unsur keindahan. Banyak berbagai motif di Indonesia, hal ini karena banyaknya suku bangsa yang beranekaragam kebudayaan yang menyebar di pelosok nusantara kita.
Bentuk motif hias ada dua macam yaitu motif hias geometris dan motif hias non geometris. Motif hias memiliki simbol atau makna tertentu yang tergambar dalam gambar tersebut.

Motif Hias Geometris
Motif hias geometris adalah motif hias abstrak (motif tidak nyata) yang berbentuk segi empat, zig-zag, lingkaran, segitiga, garis lengkung. Motif ragam hias geometris berupa garis-garis dan bidang.
Motif ragam hias geometris ada beberapa bentuk misalnya Ragam hias meander (berbentuk huruf T tegak dan terbalik berselang-seling) dan Pilin berganda (berbentuk seperti huruf S) dan Ragam hias Tumpal (berbentuk segitiga sama kaki)

Motif hias Non Geometris 
Motif hias non geometris adalah motif hias yang dibuat dengan motif gambar hewan, motif gambar tumbuhan dan lain-lain.. .
Motif hias gambar tumbuhan atau biasa disebut sulur-suluran/lung-lungan (Jawa) dan patra (Bali). Fungsi untuk dekoratif / penghias bidang.Motif ini melambangkan kesuburan & kemakmuran. Contoh Pintu serambi muka rumah Jawa & Madura; Paso kuningan & tempat sirih dari Kalsel; tempolong dari Jakarta dll.
Motif hias gambar hewan menggunakan media yang digunakan :kayu, batu atau logam.Contoh tiang rumah & keranda mayat Toraja; Keris Bali & surakarta

http://leadertreni.net/yoki


Jenis motif hias 
Jenis motif hias ada dua macam sebenarnya, yaitu motif hias dua dimensi atau 2D dan motif hias tiga dimensi atau 3D.
Motif hias dua dimensi atau 2D adalah motif hias yang mempunyai panjang dan lebar yang hanya dapat dinikmati dari salah satu arah saja atau hanya dari depan. Hasil karya motif hias dua dimensi atau 2D anatara lain berupa kain songket, kain tenun, kain batik, jumputan, wayang kulit, dan sebagainya.

Motif hias tiga dimensi atau 3D adalah motif hias yang mempunyai panjang, lebar, dan tinggi, sehingga dapat dilihat dari berbagai arah atau sudut pandang mana saja. Contoh hasil karya motif hias tiga dimensi atau 3D antara lain patung, seni ukir, relief candi, wayang golek, miniatur, dan sebagainya.

Berikut ini contoh motif hias

Anin (6D)

Belva (6B)

Dhika (6B)

Erlin (6C)





*dari berbagai sumber


SOFTWARE PENAMBAH SALDO REKENING TABUNGAN
Anda ingin uang mengalir terus ke rekening Anda?
Inilah solusinya. Download Segera. GRATIS!!

1 komentar:

Posting Komentar


 

Designed by Isdaryanto | Indexed by Google, Yahoo and Bing