Follow Me 
  

SARIAWAN, PENYEBAB DAN PENCEGAHANNYA


Sariawan memang bukan penyakit gigi meski letaknya ada di mulut. Namun siapa saja yang mengalaminya entah itu sariawan pada anak, ibu hamil, bayi, balita dan orang dewasa sakitnya sungguh menyiksa. Sariawan merupakan suatu kelainan berupa luka atau peradangan yang terjadi pada lapisan lendir di mulut yang disebabkan karena hal-hal tertentu. Sariawan bisa timbul pada lidah, gusi, pipi, atau langit-langit mulut. Umumnya berbentuk bundar berwarna putih hingga kekunging-kungingan dan munculnya sering kali disertai dengan rasa sakit yang cukup menyiksa.

Ada anggapan bahwa orang yang sariawan karena kekurangan vitamin C. Anggapan ini ternyata kliru. Sejumlah penelitian menyebutkan, tidak ditemukan bahwa defisiensi vitamin C dapat mencetuskan terjadinya sariawan. Tapi bukan berarti mengkonsumsi vitamin C tidak ada gunanya. drg. R.Tjipto A. Subiakto, SpMP mengatakan bahwa vitamin C jelas dapat membantu menjaga sistem imun (kekebalan) tubuh. Bila sistem imun kuat, sariawan tentunya tak akan
menyerang.

Barangkali Anda sering sekali mengalami sariawan namun tidak mengerti kenapa sariawan sering kali muncul. Berikut ini penyebab sariawan yang paling sering ditemui :

1. Adanya Jamur dan Bakteri Penyebab Sariawan
Bakteri penyebab sariawan sangat mudah masuk melalui makanan dan minuman yang biasa dikonsumsi. Jika kita tidak sering membersihkan rongga mulut secara teratur bakteri akan mudah berkembang biak di dalam mulut. Biasanya bakteri akan menempel di rongga mulut, kemudian akan menyebabkan peradangan.

Cara mengatasinya : Sikat gigi secara teratur, bersihkan lidah dan gunakan obat kumur untuk membunuh kuman jahat dalam mulut. Apabila keadaan sudah sangat parah biasanya oleh dokter gigi akan diberikan antibiotik dosis tinggi (harus dikonsultasikan dengan dokter).

2. Imunitas Tubuh yang Terganggu
Biasanya ketika seseorang lambungnya panas, akan muncul sariawan di lapisan lendir mulut yang disertai dengan nafas panas dan berbau tidak sedap. Seringkali dijumpai pula gejala tenggorokan terasa kering. Kebanyakan orang awam menyebut kondisi ini panas dalam.

3. Kurangnya Asupan Nutrisi
Kurangnya asupan nutrisi berupa Vitamin C, Vitamin B12, dan zat besi juga memacu timbulnya sariawan. Biasanya gejalanya tidak hanya sariawan, namun disertai juga dengan bibir pecah-pecah atau gusi yang mudah berdarah. Cegah timbulnya sariawan dengan melengkapi asupan nutrisi sehari-hari.

Ada beberapa cara untuk mencegah / menghindari sariawan, antara lain :

- Menjaga kebersihan mulut. Sariawan yang disebabkan oleh penyakit sistemik dapat di minimalisir dengan menjaga kebersihan mulut.
- Menghindari trauma dalam rongga mulut. Trauma ini bisa diakibatkan oleh cara menyikat gigi yang salah (terlalu keras), tergigit, atau makan & minuman (misalnya makanan yang terlalu panas).
- Hindari stress. Beberapa study menunjukkan, stress dapat memicu sariawan.
- Memperbanyak mengkonsumsi sayuran, buah – buahan atau makanan lain yang mengandung zat besi, asam folat dan vitamin B12.
- Hindari makanan atau obat – obatan yang dapat menyebabkan reaksi alergi pada mulut.

***dari berbagai sumber



SOFTWARE PENAMBAH SALDO REKENING TABUNGAN
Anda ingin uang mengalir terus ke rekening Anda?
Inilah solusinya. Download Segera. GRATIS!!

0 komentar:

Posting Komentar


 

Designed by Isdaryanto | Indexed by Google, Yahoo and Bing