Follow Me 
  

PERBEDAAN DRUMBAND DAN MARCHING BAND

Istilah “DRUM BAND” dan “MARCHING BAND” tentu sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Banyak orang awam yang belum tahu perbedaan antara drum band dan marching band. Biasanya bila ada pagelaran musik yang berbentuk parade atau display di lapangan mereka hanya menyebutnya drum band saja. Berikut ini sekilas tentang perbedaan drum band dan marching band.

Drum Band
Dalam drum band biasanya jumlah perkusi lebih dominan antara lain :snare drum, bas drum, cymbals, triangle, tom 1, tom 2, dl. Sedangkan melody masih menggunakan bellyra/vibraphone bila menggunakan komposisi alat tiup biasanya memakai pianika dan rekorder. Komposisi lagu lebih cenderung ke arah mars dan biasanya tampil dalam bentuk parade. Drum band banyak dipakai untuk keperluan resmi, seperti angkatan bersenjata, penyambutan tamu, upacara, dll. Drum band cukup dipimpin 1 orang sebagai Drum Major, karena karakter alatnya cuma satu.

Marching Band
Marching band adalah istilah dalam bahasa Inggris yang mengacu kepada sekelompok barisan orang yang memainkan satu atau beberapa lagu dengan menggunakan sejumlah kombinasi alat musik (tiup, perkusi, dan sejumlah instrumen pit) secara bersama-sama. Penampilan marching band merupakan kombinasi dari permainan musik (tiup, dan perkusi) serta aksi baris-berbaris dari pemainnya. Umumnya penampilan marching band dipimpin oleh satu atau dua orang komandan lapangan dan dilakukan baik di lapangan terbuka maupun lapangan tertutup dalam barisan yang membentuk formasi dengan pola yang senantiasa berubah-ubah sesuai dengan alur koreografi atas lagu yang dimainkan, dan diiringi pula dengan aksi tari yang dilakukan oleh sejumlah pemain bendera, karena itu cocok untuk acara festival, peresmian, karnaval, dll karena menarik.

***dari berbagai sumber



SOFTWARE PENAMBAH SALDO REKENING TABUNGAN
Anda ingin uang mengalir terus ke rekening Anda?
Inilah solusinya. Download Segera. GRATIS!!

0 komentar:

Posting Komentar


 

Designed by Isdaryanto | Indexed by Google, Yahoo and Bing