Follow Me 
  

BAHAYANYA BILA MINUM OBAT DENGAN SUSU



Sering kita dengar bahwa minum obat tidak boleh dengan susu. Benarkah? Ternyata larangan ini tidak sepenuhnya benar, tapi bukan berarti juga salah.
Seperti yang dijelaskan oleh Pramono, seorang ahli gizi dari RSUD Banjarmasin, bahwa hanya sebanyak 15% dari antibiotik oral (pil) yang akan bermasalah jika diminum bersama dengan susu. Termasuk di antaranya ialah Tetrazykline (seperti Doxycyclin dan Minocyclin) dan beberapa Fluorchinolone (terutama Ciprofloxacin dan Norfloxacin).

Selain itu Pramono juga menjelaskan, antibiotik jenis ini akan membentuk semacam gumpalan bundar apabila bercampur dengan kalsium ion yang terdapat dalam susu. Ukuran gumpalan ini akan telalu besar untuk melewati dinding usus. Akibatnya antibiotik bukannya masuk ke dalam peredaran darah, tetapi akan dicerna oleh usus, sehingga efek pengobatannya menjadi tidak ada.

Lalu bagaimana mengatasinya? Pramono menambahkan bahwa untuk menghindari efek tersebut, mengkonsumsi susu dapat dilakukan sekurangnya 2 jam sesudah meminum obat. Namun, ada beberapa obat yang justru lebih baik diminum bersama susu.Misalnya NSAID, Non Steroidal Anti Inflammatory Drug. Namun, yang terkenal adalah aspirin dan ibuprofen. Obat-obatan yang tergolong dalam NSAID bersifat lypophylic, mudah larut dalam lemak sehingga biasanya obat-obat seperti ini dianjurkan untuk diminum dalam waktu 30 menit sesudah makan.

Tetapi agar tidak bingung untuk meminum obat, maka sebaiknya minum obat cukup dengan air putih itulah pilihan terbaik.


***dari berbagai sumber



SOFTWARE PENAMBAH SALDO REKENING TABUNGAN
Anda ingin uang mengalir terus ke rekening Anda?
Inilah solusinya. Download Segera. GRATIS!!

0 komentar:

Posting Komentar


 

Designed by Isdaryanto | Indexed by Google, Yahoo and Bing