Follow Me 
  

BELAJAR TEKNIK VOKAL


Teknik vocal adalah cara mengatur dan membentuk suara ketika menyanyikan atau menyuarakan sebuah lagu, dan ini harus dikuasai. Selain itu, seorang penyanyi juga memperhatikan memperhatikan beberapa hal, antara lain nada, tanda dinamik, tempo, birama sebuah lagu agar lagu yang dinyanyikan menjadi indah dan enak didengar. Namun ada juga hal penting yang harus diperhatikan, dipelajari serta dikuasai oleh seorang penyanyi yaitu teknik vocal meliputi sikap badan, pernafasan dan pengucapan (intonasi).

Sikap Badan
Sikap badan seorang penyanyi haruslah sempurna saat menyanyikan sebuah lagu. Tubuh harus lurus, santai (tidak terpaksa) dan tidak kaku (dibuat-dibuat). Posisi kepala, bahu, tangan, dada, perut, dan kaki dalam keadaan baik, tegak, lemas(tidak kaku) dan mengikuti irama lagu yang sedang dinyanyikan.

Ada hal penting yang perlu diperhatikan agar dapat menghasilkan nada yang baik yaitu :
1. usahakan agar otot-otot pada leher dan tenggorokan tetap lemas dan kendur.
2. buka mulut selebar-lebarnya ketika menyanyikan huruf-huruf hidup.

Dua hal tersebut diatas dapat dilakukan dengan baik apabila sikap badan atau tubuh kita juga baik. Karena bila saat menyanyi tubuh dalam keadaan tidak baik, maka kita tidak dapat menghasilkan suara yang baik, karena suara kita terhambat oleh jaringan tubuh kita sendiri. Dan alhasil, suara yang kita hasilkan akan terhambat dan terdengar tidak enak.

Pernafasan
Bagian tubuh yang erat hubungannya dengan menyanyi adalah”organ-organ pernafasan”. Bila saat menyanyi, sikap tubuh kita tidak sempurna maka organ-organ pernafasan akan terganggu. Contoh : orang yang menyanyi sambil duduk tidak akan dapat menyanyi dengan baik.

Berikut ini beberapa latihan pernafasan yang dapat dilakukan :
1. berdiri didepan cermin agar dapat melihat sikap tubuh kita.
2. menarik nafas dengan perlahan-lahan sampai paru-paru penuh dengan udara.
3. hembuskan nafas hingga habis
4. menghitung setiap gerakan.
5. lakukan secara berulang-ulang.

Pengucapan (intonasi)
Dalam menyanyi, intonasi atau kata-kata yang diucapkan harus jelas. Seorang penyanyi hendaknya mengucapkan (membunyikan) huruf-huruf dengan baik terutama huruf-huruf hidup seperti A, O, I, E, U. Saat berlatih pengucapan, hembuskan nafas secara perlahan-lahan sambil membunyikan atau mengucapkan suara A atau O kemudian ucapkan juga huruf  I, E, U selama-lamanya. Buka mulut selebar-lebarnya. Lakukan berulang-ulang.

Demikian sedikit penjelasan tentang belajar teknik vokal, semoga bermanfaat.



SOFTWARE PENAMBAH SALDO REKENING TABUNGAN
Anda ingin uang mengalir terus ke rekening Anda?
Inilah solusinya. Download Segera. GRATIS!!

0 komentar:

Posting Komentar


 

Designed by Isdaryanto | Indexed by Google, Yahoo and Bing