Follow Me 
  

BELAJAR BERMAIN GITAR

Belajar gitar adalah hal yang menyenangkan. Anda dapat menggunakan gitar untuk bermain dalam jenis musik apapun, mulai dari metal, country, klasik atau bahkan pada jenis musik keroncong. Namun sebelum belajar gitar hendaknya kita perlu mengetahui bagian-bagian gitar. Ada baiknya sebelum belajar bermain gitar kita tahu bagian-bagian yang ada pada gitar. Berikut ini adalah bagian-bagian yang ada pada gitar.

Belajar gitar tidak semudah ketika kita menikmati alunan suara gitar. Anda harus merelakan jari-jari anda terluka sampai terbiasa dengan senar gitar saat memainkannya. Butuh beberapa tahun untuk menguasai dasar-dasar bawah bermain gitar. Bagi anda yang memiliki kesulitan untuk membentuk kord dengan jari-jari anda, anda lebih baik memulai belajar menghafalkan letak atau posisi senar pada gitar. Seperti contoh diagram 12 fret gitar dibawah ini.

Ada banyak model diagram kunci gitar, tergantung dilihat dari arah mana. Untuk diagram yang di pakai di web ini, arah melihatnya adalah dari atas gitar anda ke bawah. Di diagram, senar 1 (senar yang paling kecil, nada E tinggi), berada di atas, makin ke bawah senar 2,3,4,5, dan 6 paling bawah. Sedangkan penglihatan dari atas gitar anda adalah kebalikannya. Untuk nomor fret gitar, di diagram dimulai dari kiri, fret 0 berarti paling kiri/senar loss. Lanjut ke kanan fret 1,2,3, dst. Penglihatan dari atas gitar anda untuk nomor fret adalah sama.
Contoh penerapan
Kunci C7 (Komponen nadanya: c-e-g-bb)
Kunci Gantung, misalnya F (Komponen nadanya: f-c-a)
Anda lihat bahwa jari telunjuk dipakai di senar 1, 2, dan 6, di fret 1 semua. Maka jari telunjuk diposisikan tidur menekan semua senar sepanjang fret 1. Lalu diikuti jari tengah di senar 3 fret 2, jari kelingking di senar 4 fret 3, dan jari manis di senar 5 fret 3.
Berikut ini adalah contoh diagram chord
Setelah  anda hafal dan mahir memainkan kunci-kunci gitar kemudian mulailah dengan bermain lagu yang dengan sedikit akord dalam pengaturan sederhana. Hal ini akan membantu anda untuk membangun kekuatan jari, ketangkasan, dan kedekatan anda dengan gitar. Berusahalah untuk fokus dan hapal kunci-kunci dasar gitar.
Sukailah musik, karena dengan begitu anda tidak akan merasa cepat bosan belajar gitar dasar !  




SOFTWARE PENAMBAH SALDO REKENING TABUNGAN
Anda ingin uang mengalir terus ke rekening Anda?
Inilah solusinya. Download Segera. GRATIS!!

1 komentar:

Dina Novia mengatakan...

Hai kak, belajar bermain gitar pasti sangat menyenangkan. Jangan lupa mampir ke chordbase untuk melihat chord gitar

Posting Komentar


 

Designed by Isdaryanto | Indexed by Google, Yahoo and Bing