Follow Me 
  

MANFAAT TERTAWA BAGI BAYI

Siapapun yang mempunyai bayi yang sudah dapat bersuara dan tertawa pasti dibuat senang karenanya. Tertawa renyah si kecil yang terkadang muncul spontan karena melihat orang di sekitarnya melakukan hal yang menurutnya lucu akan sangat menghibur bagi yang mendengarnya. Nada suara yang lucu sangat membahagiakan siapapun, khususnya orang tua si kecil. Bahkan terkadang, seorang ayah yang lagi dinas luar kota sangat merindukan renyah tawa si kecil ini. Dan untuk mengobati rindu, tidak sedikit orang yang merekam suara tertawa sikecil dengan HP dan kemudian diputar saat rindu itu datang.

Tahukah Anda bahwa dalam renyah suara tawa bayi Anda terdapat manfaat yang sangat besar baginya. Ada beberapa manfaat tertawa bagi bayi, antara lain sebagai berikut :

1. Sebagai olahraga

Bayi yang tertawa selama 1 menit maka sama saja ia telah melakukan olahraga selama 20 menit. Kenapa? Karena dalam tertawa telah dilibatkan sistem saraf dan bisa menggerak-gerakkan otot perut, dada, bahu, serta pernapasan. Gerakan yang ditimbulkan membuat tubuh seakan-akan sedang jogging di tempat. Otot-otot akan menegang lalu mengendur secara bergantian.

Pada saat tertawa, paru-paru bayi mengembang dan tentu saja menyerap oksigen lebih banyak. Detak jantungpun meningkat lalu turun dan kembali wajar, seperti dengan selesai melakukan olahraga. Dampaknya adalah tubuh akan terasa rileks dan tenang.

2. Sebagai bentuk interaksi dengan lingkungan

Tertawa yang dilakukan bayi mempunyai kontek bahwa ia sedang belajar berhubungan dengan orang lain di luar dirinya sendiri. Ia sedang berusaha memberikan respon timbal balik antara dirinya dengan lingkungan sekitar yang mulai ia kenal.

Ketika ia melihat orang-orang dewasa sesungguhnya ia sedang belajar bagaimana cara orang lain di luar dirinya tertawa ketika ia melihat atau mendengarkan sesuatu. Kemudian iapun menganalisis dan menirunya. Jadi, ketika ada sesuatu yang lucu baginya maka ia akan tertawa.

Bayi juga akan belajar untuk bertingkah atau berbuat lucu sehingga lingkungan sekitarnya yakni ibu, ayah, kakek, atau nenek akan tertawa, begitu pula sebaliknya.

3. Sebagai bentuk mengatasi rasa sakit

Menurut sebuah penelitian, tertawa terbahak-bahak, keras dan lama akan merangsang otak untuk melepaskan senyawa kimia yang disebut endorfin. Endorfin bukan hanya menyebabkan bayi merasa senang dan nyaman, tapi juga mengurangi rasa sakit.

4. Sebagai upaya meningkatkan kecerdasan emosi (EQ)

Tertawa pada bayi juga bermanfaat untuk perkembangan emosinya kelak. Si kecil akan lebih mampu mengungkapkan emosinya dalam merespons lingkungan. Misalnya, ia akan tertawa melihat mimik lucu Ayahnya, atau tersenyum ketika ada orang yang menyapanya – meski tak ia kenal.

Ia juga belajar ketika ibu tertawa bersamanya. Ini menunjukkan bahwa tertawa adalah sesuatu yang disukai lingkungan. Sehingga ia pun akan belajar untuk mencoba membuat orang lain tertawa.


5. Sebagai upaya meningkatkan  kekebalan tubuh

Tertawa terbahak-bahak yang dilakukan oleh bayi ternyata dapat meningkatkan sistem kekebalan dalam tubuh si kecil dengan cara memicu produksi sel-sel limfosit yang bertindak sebagai pembunuh stres alami yang juga dapat melumpuhkan banyak penyakit.

6. Sebagai upaya mengurangi perilaku negatif

Tertawa keras akan merangsang tubuh untuk memroduksi serotonin yang akan mengurangi ketegangan dan kemarahan. Tertawa akan membantunya merasa baik dan mengurangi perilaku negatif.  Bayi yang tinggal di lingkungan yang menyenangkan akan tumbuh menjadi pribadi yang spontan dan optimis.

7. Sebagai upaya agar bayi tidur lebih nyenyak

Bayi yang secara rutin dapat tertawa baik alami atau karena stimulan dari luar, misalnya diajak bercanda dan tertawa akan membuatnya tidur lebih nyenyak pada malam harinya. Sebabnya adalah tertawa membuat otot-otot tubuh mungilnya menjadi rileks sehingga bayi bisa lebih mudah mendapatkan tidur yang nyenyak.


***Sumber: Mom & Kiddie



SOFTWARE PENAMBAH SALDO REKENING TABUNGAN
Anda ingin uang mengalir terus ke rekening Anda?
Inilah solusinya. Download Segera. GRATIS!!

0 komentar:

Posting Komentar


 

Designed by Isdaryanto | Indexed by Google, Yahoo and Bing