Follow Me 
  

MENGENAL TANDA KUNCI

Dalam penulisan maupun memainkan lagu yang menggunakan notasi balok, tentunya kita tidak asing dengan sebuah tanda kunci yang terdapat diawal garis paranada. Tanda kunci itu mutlak digunakan bila kita akan memainkan atau menulis lagu menggunakan notasi balok, karena tanpa tanda kunci tersebut kita tidak akan bisa memainkan lagu-lagu yang menggunakan notasi balok.  Apa yang dimaksud dengan tanda kunci? Tanda Kunci adalah tanda yang ditulis pada awal paranada atau sangkar nada. Tanda kunci berfungsi untuk menunjukkan letak nada.

TandaKunci ada 4 macam, yaitu :
1). Kunci C
Tanda kunci C terdapat 5 (lima) macam yang dibedakan dari letak tanda kuncinya pada garis paranada. Nada yang terletak di depan tengah notasi tersebut adalah c1, nada berikutnya menyesuaikan  sesuai dengan posisi/letak nada yang akan berpengaruh pada tinggi dan rendah nada.  Karena letaknya yang dapat berpindah tempat, kunci ini juga sering disebut  movable clef.Tanda kunci ini biasanya hanya digunakan untuk penulisan instrumen biola alto dan cello.
2) Kunci F
Kunci F adalah kunci yang biasa digunakan untuk menuliskan nada-nada rendah, maka kunci F disebut juga kunci Bass. Letak kunci F pada garis paranada ada di garis keempat, maka menunjukkan nada F di garis keempat. Letak nada di garis paranada dengan kunci F
> Kunci F untuk menuliskan nada rendah ( Alto, Tenor, Bariton)
> Nada yang terletak pada garis ke 4 adalah nada f
3) Kunci G
Pada awal penulisan kunci G tidaklah seperti sekarang. Penulisan kunci G mengalami berbagai perubahan. Perhatikan awal mula terbentuknya tanda kunci G yang berasal dari huruf G berikut ini :
Kunci G yang sekarang adalah kunci yang bentuknya seperti kepala biola. Kunci G disebut juga kunci biola karena kunci G digunakan untuk menuliskan nada-nada tinggi. Kunci G digunakan untuk menunjukkan letak nada G pada garis kedua. Letak nada di garis paranada dengan kunci G.
> Kunci G untuk menuliskan suara tinggi ( Sopran, Mezzo Sopran, Alto )
> Nada yang terletak pada garis ke 2 adalah nada g'
Pada Piano, tanda kunci G (Treble Clef) biasa digunakan untuk not balok yang akan dimainkan oleh tangan kanan. Sedangkan kunci F (Bass Clef) biasa digunakan untuk not balok yang akan dimainkan oleh tangan kiri. Penggunaan kunci G dan kunci F secara bersamaan disebut juga grand staff.
Gambar grand staff :
Di bawah ini adalah penggambaran pembagian tuts bagian tengah yang memisahkan penulisan di kunci G (tuts tengah ke kanan) dan kunci F (tuts tengah ke kiri) dan dengarkan perbedaan tinggi dan rendah nada pada range masing-masing clef.








SOFTWARE PENAMBAH SALDO REKENING TABUNGAN
Anda ingin uang mengalir terus ke rekening Anda?
Inilah solusinya. Download Segera. GRATIS!!

0 komentar:

Posting Komentar


 

Designed by Isdaryanto | Indexed by Google, Yahoo and Bing