Follow Me 
  

ORNAMEN-ORNAMEN MUSIK

Dalam sebuah komposisi musik,terutama pada periode Barok dan Klasik, banyak ditemui  ornamen-ornamen musik. Ornamen yang dimaksud disini adalah not-not yang ditambahkan pada melodi, tidak termasuk nilai not melodi dan tentu tidak termasuk dalam birama. Sejumlah ornamen ditandai dengan simbol standar dalam notasi musik, sementara ornamen lain dapat ditambahkan ke staf di not kecil, atau hanya ditulis secara normal. Ada beberapa jenis ornament diantaranya Trill, Morden, Grupeto, Appoggiatura, Aciakatura. Dan Kadenza.

Trill
Sebuah Trill adalah pergantian yang cepat antara not dasar dan satu not di atas.Pada musik lama, trill dimainkan dengan memulai not diatas not yang mendapat tanda Trill. Namun pada musik modern, trill biasanya dimainkan dengan memulai pada notyang mendapat tanda Trill.
Berikut ini contoh tanda Trill dan cara memainkannya:
cara memainkan


Morden
Morden terdiri atas not dasar dengan not di atas atau not di bawah, dan not dasar lagi. Dua not permulaan dimainkan secepat mungkin (biasanya dengan not sepertigapuluhdua). Kecepatan memainkan morden sama seperti dengan trill. Kecepatan yang dilakukan akan bervariasi sesuai dengan tempo lagu yang dimainkan. Tanda morden ada 2 macam yaitu morden langsung dam morden inversi.
Berikut ini contoh tanda morden dan cara memainkannya
cara memainkan

Turn/Grupeto
Turn atau disebut juga Grupeto terdiri atas not dasar, not di atas not dasar dan not dibawahnya. Not diatas not dasar, biasanya adalah not dalam rangkaian tangga nada. Demikian pula not di bawah not dasar adalah not dalam rangkaian tangga nada. Tanda grupeto yang berada tepat diatas not, dimainkan secepat mungkin yang dimulai pada not dasar. Sedangkan Turn yang ditulis sesudah not, dimainkan secepat mungkin sesudah not dasar.
Berikut ini contoh tanda Turn/Grupeto dan cara memainkannya
                                                                                      cara memainkan 



Appoggiatura
Apopggiatura pada hakekatnya adalah not dasar. Appoggiatura muncul dalam bentuk not yang bentuknya lebih kecil dari not dasar dan umumnya mendapat sebuah aksen. Nilai not Apopggiatura nilainya adalah separuh dari not dasar.
Berikut ini contoh tanda Appoggiatura dan cara memainkannya
                                                                 cara memainkan

Aciakatura
Aciakatura ditulis seperti Appoggiatura, tetapi dberi tambahan garis kecil menyilang pada tangkai notnya. Aciakatura biasanya akan dimainkan cepat (not sepertigapuluhdua).
Berikut ini contoh tanda Aciakatura dan cara memainkannya
                                                                cara memainkan       

Kadenza
Kadenza adalah bagian karya musik yang disusun secara ornamental (penuh dengan hiasan yang gemilang). Kadenza biasanya muncul pada bagian akhir komposisi (mendekati akhir komposisi). Kadenza adalah bagian improvisasi bebas dan memberi kesempatan kepada pemain untuk menunjukkan serta memperdengarkan teknik yang dimiliki.
Berikut ini contoh kadenza pada komposisi Piano Concert in Bb Major, first movement Karya Mozart. 




SOFTWARE PENAMBAH SALDO REKENING TABUNGAN
Anda ingin uang mengalir terus ke rekening Anda?
Inilah solusinya. Download Segera. GRATIS!!

0 komentar:

Posting Komentar


 

Designed by Isdaryanto | Indexed by Google, Yahoo and Bing