Follow Me 
  

PENYEBAB ANAK MENGOMPOL DAN CARA PENCEGAHANNYA

Penyebab anak mengompol - Mengompol (bedwetting) sepertinya sudah menjadi hal yang sangat wajar dialami oleh anak-anak. Dalam bahasa kedokteran mengompol sering disebut dengan enuresis.Enuresis terjadi pada anak-anak, tetapi bisa juga terjadi pada orang dewasa. Hanya saja, pada orang dewasa lebih lazim disebut urinary incontinence.
Pada anak-anak, mengompol adalah bagian dari pertumbuhannya. Anak sedang berlatih untuk mengontrol kandung kencing serta otot-otot serta saraf-saraf kencing. Mengompol sering terjadi pada masa "tatur" dimana anak sedang belajar untuk kencing di toilet. Bahkan mengompol baru dianggap sebagai suatu masalah jika terjadi setelah usia 6 tahun.
Menurut Dr. Howard Bennett di situs healthychildren.org setelah melewati usia 6 tahun dan seiring pertumbuhan usianya, kebiasan mengompol akan hilang dengan sendirinya. Lebih lanjut Dr. Bennet dalam tulisannya menjelaskan bahwa faktor keturunan mempengaruhi kebiasaan mengompol, konon hingga 75% anak-anak dengan kebiasaan mengompol sewaktu tidur adalah faktor keturunan dari orang tua atau keluarganya.

Berikut ini beberapa penyebab anak mengompol :
1.    Kelelahan fisik
Hampir semua anak memiliki kegemaran yang sama, yaitu bermain yang menggunakan fisik sehingga kerap kali membuat anak kelelahan. Nah, karena hal itu pada malam hari dia akan tertidur lelap dan ketika tubuhnya ingin membuang air, anak tak sempat bangun untuk ke kamar hingga membuat ia mengompol.
2.    Emosi anak
Saat si anak merasa tertekan dengan kondisi rumah, seperti adanya adik baru, pindah tempat tinggal dan lain sebagainya. Hal itu dapat emosi si kecil tidak stabil dan anak akan lebih sering mengompol.
3.    Faktor lingkungan
Saat udara dan cuaca dingin maka anak akan lebih sering buang air kecil. Kondisi tersebut sebenarnya merupakan cara tubuh si anak mengantisipasi suhu dingin di sekitarnya.
Itulah beberapa penyebab kenapa anak sering mengompol.  Anda lakukan untuk mencegah anak agar tidak lagi mengompol.

1.    Saat anak Anda sedang merasa tertekan, Anda sebaiknya dapat memperbaiki kualitas komunikasi dengannya. Anda diharuskan untuk lebih peka bagaimana kondisi emosional anak saat itu. Setelah itu berikanlah penjelasan serta solusi yang baik sehingga membuat anak lebih merasa nyaman.
2.    Hindari terlalu banyak minum, terlebih lagi dengan minuman dingin sebelum anak Anda tidur merupakan salah satu solusi yang terbaik untuk mencegah anak mengompol.
3.    Karena kebiasaan mengompol anak, Anda pasti sudah mengetahui jam-jam dia mengompol. Nah, saat jam-jam tersebut bangunkanlah anak untuk ke toilet. Minta anak untuk tetap ke kamar mandi meski belum tentu ada rasa ingin pipis. Hal ini dipercaya dapat meningkatkan kepekaan anak terhadap alarm tubuh.
4. AC kamar jangan terlalu dingin ya, sebab udara dingin akan meningkatkan rangsangan untuk berkemih. Juga, hindari memberi minuman yang mengandung kafein (termasuk minuman bersoda), karena bisa membuat anak sering-sering berkemih.
5. Di siang hari, ajak anak ke kamar mandi secara rutin (setiap jam). Di sekolah, minta si kecil untuk tidak menahan pipis. Bicarakan dengan guru anak, agar guru  membantu mengingatkan anak untuk pergi ke toilet.

Demikian penjelasan Penyebab Anak Mengompol dan Cara Pencegahannya



***dari berbagai sumber


SOFTWARE PENAMBAH SALDO REKENING TABUNGAN
Anda ingin uang mengalir terus ke rekening Anda?
Inilah solusinya. Download Segera. GRATIS!!

0 komentar:

Posting Komentar


 

Designed by Isdaryanto | Indexed by Google, Yahoo and Bing