Follow Me 
  

TIPS MUDIK AMAN DAN LANCAR


Sebentar lagi kita akan puasa Ramadan akan berakhir. Itu berarti kita akan menghadapi Hari Raya Idul Fitri atau lebaran. Pulang kekampung halaman adalah saat-saat yang paling ditunggu bagi Anda sebagai penduduk pendatang. Demi berjumpa dengan sanak saudara di kampung, Anda rela menempuh perjalanan yang cukup jauh hingga menempuh jarak ribuan kilometer. Meski masih lama, ada baiknya kita mempersiapkan sejak sekarang karena sebuah  perjalanan jauh pasti akan membutuhkan tubuh yang sangat sehat dan juga kendaraan yang sehat juga. Supaya perjalanan Anda berjalan lancar dan tanpa hambatan, ada beberapa hal yang pastinya harus Anda persiapkan.


1. Periksa Kondisi Kendaraan Anda

Ini merupakan hal yang sangat penting sebelum Anda melakukan perjalanan, terlebih lagi bila jarak yang akan ditempuh cukup jauh. Adapun bagian-bagian mobil yang penting untuk diperiksa antara lain :
- mesin kendaraan, Periksa dan bersihkan karburator, filter udara, filter bbm dan ganti busi, lakukan tune-up secara menyeluruh.
- Ganti oli mesin yang berkualitas agar mesin prima.
- Ganti oli transmisi (baik yang manual ataupun matic) agar performa sistem transmisi sempurna.
- Periksa kondisi rem dan cairan rem (brake fluid) dan pastikan sistem pengereman bekerja sempurna.
- Periksa accu, pastikan air aki cukup agar sel-nya dapat menyimpan listrik lebih baik.
- Periksa tekanan ban, biasanya petunjuk tekanan ban terdapat di pintu pengemudi. siapkan selalu ban serep, kunci roda dan dongkrak.
- Periksa kondisi lampu dekat, lampu jauh, sein dan lampu hazard, bawa lampu dan sekering cadangan.
Jangan lupa untuk membawa perlengkapan seperti dongkrak, ban serep, kunci untuk jaga-jaga bila diperlukan. Tidak ketinggalan, bawa pula surat kelengkapan kendaraan Anda.

2. Jaga Kesehatan Anda

Perjalanan yang jauh serta suasana jalanan yang macet dan banyak polusi sangat menuntut Anda untuk selalu menjaga stamina tubuh selama perjalanan, terlebih jika saat berpuasa, hal ini pasti membuat Anda cukup stress. Tentukan waktu perjalanan, jangan terlalu malam agar tidak mengantuk. Ada baiknya jika anda mencari tips agar puasa lancar untuk yang sedang berpergian.Jaga asupan makanan dan minuman Anda selama perjalanan mudik. Tambahkan dengan mengkonsumsi banyak buah-buahan dan vitamin C agar tubuh tetap fit. Aturlah pola tidur selama perjalanan mudik agar saat Anda berkendara tidak mengantuk dan mengalami kecelakaan. Jangan konsumsi obat yang menyebabkan kantuk

3. Bawa Obat-obatan atau P3K

Kotak P3K berisi beberapa obat standar seperti obat demam, pusing, sakit perut serta obat luka luar dan plester sebaiknya dibawa. Sedangkan, bila ada anggota keluarga yang harus rutin meminum obat hendaknya segera diingatkan agar obat tidak tertinggal. Letakkan barang-barang dan obat-obatan pada tempat yang dapat dengan cepat diambil pada saat diperlukan.

4. Taati peraturan lalu lintas dan rambu jalan

Hindari untuk melanggar rambu-rambu di jalan dan peraturan lalu lintas yang ada. Terlebih lagi, saat libur hari raya yang padat dengan kendaraan. Mengendarai kendaraan dengan kecepatan tinggi dan melanggar rambu jalan dapat menyebabkan kecelakaan yang merenggut nyawa.Jangan lupa gunakan sabuk pengaman selama perjalanan. Jaga jarak aman dengan kendaraan lain agar dapat menghindari kecelakaan beruntun. Hindari menerima telepon atau melakukan kegiatan lain selama mengemudi. Bersikaplah hati-hati selama perjalanan.

5. Berhati-hatilah !

Tingkat kejahatan saat mudik sangatlah tinggi, jika Anda memang membawa uang yang banyak untuk sanak saudara di kampung halaman, waspadalah saat menaruh uang tersebut. Jangan menaruhnya sembarang tempat atau menaruh semua uang Anda di dompet. Sebisa mungkin Anda dapat bisa menyimpannya di ATM saja agar lebih mudah.


Nah kalau kita sudah mempersiapkan segala hal yang kita perlukan untuk kenyamanan dan keselamatan berkendara (mudik), tentu kita akan lebih percaya diri untuk mudik. Utamakan keselamatan agar Anda dapat menikmati momen yang berharga ini. Semoga bermanfaat Tips Mudik Aman Dan Lancar di atas....




SOFTWARE PENAMBAH SALDO REKENING TABUNGAN
Anda ingin uang mengalir terus ke rekening Anda?
Inilah solusinya. Download Segera. GRATIS!!

0 komentar:

Posting Komentar


 

Designed by Isdaryanto | Indexed by Google, Yahoo and Bing