Follow Me 
  

RAGAM FORMASI MUSIK


Berikut ini berbagai ragam formasi musik

ORKES SYMPHONY

            Orkes symphony biasanya untuk memainkan karya-karya Sonata(untuk Orkes). Orkes symphony juga digunakan sebagai orkes pengiring dalam suatu karya CONCERTO bagi beberapa solis repertoir klasik, misalnya piano, biola dan lain-lain.



ORKES PHILHARMONIC

            Philharmonic artinya penggemar musik. Ragam alat musik dalam philharmonic tampak lebih lengkap karena terdapat beberapa alat tambahan, seperti harpa, piano, orgel,celesta dan lain-lain, yang dalam formasi orkes symphonic tidak ada.



ORKES HARMONI

            Orkes harmoni biasanya dimainkan saat upacara kebesaran negara, seperti contoh orkes harmoni di Indonesia, yang dimiliki oleg angkatan bersenjata, baik itu angkatan darat, angkatan laut, angkatan udara maupun kepolisian.




            Brass band pada dasarnya merupakan orkes yang menggunakan perlengkapan alat musik yang terbuat dari logam, seperti trumpet, trombone, cornet, flugel horn dan lain-lain. Namun dalam perkembangannya, alat musik saxophone juga dimasukkan dalam formasi brass band.

MARCHIND BAND
           Marching band adalah istilah dalam bahasa Inggris yang mengacu kepada sekelompok barisan orang yang memainkan satu atau beberapa lagu dengan menggunakan sejumlah kombinasi alat musik (tiup, perkusi, dan sejumlah instrumen pit) secara bersama-sama. Penampilan marching band merupakan kombinasi dari permainan musik (tiup, dan perkusi) serta aksi baris-berbaris dari pemainnya. Umumnya penampilan marching band dipimpin oleh satu atau dua orang komandan lapangan dan dilakukan baik di lapangan terbuka maupun lapangan tertutup dalam barisan yang membentuk formasi dengan pola yang senantiasa berubah-ubah sesuai dengan alur koreografi atas lagu yang dimainkan, dan diiringi pula dengan aksi tari yang dilakukan oleh sejumlah pemain bendera, karena itu cocok untuk acara festival, peresmian, karnaval, dll karena menarik.

ORKES FANFARE
            Fanfare adalah musik pengantar dalam suatu upacara yang sangat seremonial, misalnya pembukaan upacara, pembukaan pertandingan besar dan lain-lain.

            Bigband merupakan formasi musik yang sangat ideal untuk menampilkan lagu-lagu pop, jazz atau karya-karya musik ringan (light-music)

        Ansambel secara umum diartikan bermain musik bersama-sama. Ensemble (Prancis) juga berarti kelompok musik dalam satuan kecil atau permainan bersama dalam satuan kecil alat musik.Dalam kaitannya dengan kegiatan ansambel musik, sering pula kita gunakan pengelompokan musik atas dasar fungsi atau perasannya di dalam permainan.



SOFTWARE PENAMBAH SALDO REKENING TABUNGAN
Anda ingin uang mengalir terus ke rekening Anda?
Inilah solusinya. Download Segera. GRATIS!!

0 komentar:

Posting Komentar


 

Designed by Isdaryanto | Indexed by Google, Yahoo and Bing