Follow Me 
  

FENOMENA ALAM PALING LUAR BIASA DI DUNIA


Alam menyimpan banyak kejaiban. Setiap negara memiliki wilayah menakjubkan. Ini beberapa tempat di dunia yang masuk kategori “fenomena alam unik”yang mungkin sudah Anda ketahui, atau sama sekali tak Anda sadari.
Berikut ini beberapa fenomena kejadian alam paling luar biasa di dunia :

1. Gelombang (The Wave) di Utah
The Wave adalah suatu batuan merah bergelombang yang menakjubkan yang berlokasi di perbatasan Arizona dan Utah, Amerika Serikat. Batu-batu ini terkikis secara alami sehingga terbentuk seperti gelombang dan konon berasal dari terbuat dari batu pasir zaman Jurassic yang diperkirakan sudah berumur 190 juta tahun, yang kemudian berubah menjadi batuan. Fotografer L.A. Times Spencer Weiner mengabadikan tempat eksotis yang kurang dikenal ini. Lokasi ini hanya dapat diakses dengan berjalan kaki sejauh 3 mil. Kalau Anda berkesempatan mengunjungi negeri Paman Sam, ada baiknya mampir ke lokasi ini dan Anda akan merasa seperti berada di dunia lain.

2. Lubang Biru Besar di Belize
Lubang yang diberi nama The Great Blue Hole ini merupakan hasil reruntuhan suatu system gua batu kapur yang terbentuk saat permukaan laut lebih rendah yang terjadi berulang-ulang. Konon, jutaan tahun yang lalu, Blue Hole adalah sebuah gua kering yang besar, dimana stalaktit dan stalakmit perlahan-lahan terbentuk. Ketika zaman es ribuan tahun yang lalu, permukaan air laut mulai naik menutupi gua. Pada kedalaman 130 kaki (40 meter) suhu lubang ini sekitar 76 derajat Fahrenheit (24 dereajat Celsius) sepanjang tahunnya.

Lubang Biru besar terletak kira-kira 60 mil dari daratan diluar Belize, Amerika Selatan. Lingkaran lubang besar yang hampir sempurna mempunyai jarak lintas kira-kira seperempat dari 1 mil (0.4 km), ia merupakan salah satu tempat terjun paling menakjubkan yang ditemukan di Bumi. Di dalam lubang ini, terdapat air berjarak 480 kaki (145 m) dan kedalaman air memberikan struktur berwarna biru tua yang menyebabkan dunia menyebutnya sebagai "Lubang Biru".

3. Danau Merah Muda, Hiller, Australia Barat
Danau Hillier, adalah sebuah danau di Middle Island, pulau terbesar dari pulau-pulau yang membentuk kepulauan Recherche, Australia Barat. Ini adalah fitur danau endapan yang paling menonjol diantara pulau-pulau di kepulauan ini dan penumpang pesawat udara sering mengabadikannya. Para ilmuwan menyimpulkan bahwa warna merah muda ini muncul karena tumbuhnya ganggang di bawah danau yang mengakibatkan fenomena warna unik.


4. Kolam Keindahan, Taman Nasional Yellowstone
Sebuah kolam air panas yang biasa disebut dengan kolam "seribu wajah" karena  penampilan warnanya yang beragam seperti biru, hijau, kuning, oranye dan cokelat tembaga. Glory Pool terbentuk akibat gempa bumi yang meletus hingga keluar sebagai mata air panas.

Dahulu kolam air panas ini berwarna biru cemerlang, tapi kemudian mengalami perubahan. Setelah diteliti, ternyata faktor penyebab perubahan warna itu ditimbulkan oleh penurunan suhu yang berakibat munculnya sejumlah bakteri yang berada di pinggir kolam dan lama kelamaan masuk sampai ke tengah kolam. Akibat suhu menurun, bakteri pun mulai masuk dan mengubah warna biru menjadi kuning, orange dan coklat tembaga. Awalnya, bakteri hanya ada di pinggir kolam (warna kuning dan orange) namun seiring dengan makin menurunnya suhu, bakteri mulai merangsek masuk hingga ke tengah.

5. Mata Sahara (Mauritania)
Daratan luas spektakuler di Mauritania, bagian barat-selatan gurun Sahara adalah sangat besar dengan diameter 30 mil yang dapat dilihat dari luar angkasa. Disebut struktur Richat - atau mata sahara - pada awalnya pembentukan ini diperkirakan disebabkan oleh tubrukan batu meteor, namun sekarang ahli geologi percaya itu adalah hasil dari peninggian tanah dan erosi. Namun, apa yang menyebabkan bentuknya yang sirkular, masih misterius

6. Gerbang Neraka (Uzbekistan)
Disebut oleh orang setempat sebagai pintu menuju neraka, tempat ini terletak di dekat sebuah kota kecil Darvas di Uzbekistan. Saat ahli geologi melakukan pengeboran gas 35 tahun yang lalu, tiba-tiba mereka menemukan gua bawah tanah yang sangat besar.
Seluruh lokasi pengeboran dengan semua perlengkapan dan perkemahan terperosok masuk ke bawah tanah. Tidak ada yang berani turun ke bawah karena gua besar tersebut dipenuhi oleh gas yang mudah terbakar, sehingga mereka membakarnya agar tidak ada gas beracun yang dapat keluar melalui lubang itu, dan sejak saat itu ia telah terbakar. Tidak ada yang tahu berapa ton gas luar biasa telah dibakar dalam tahun-tahun tersebut tetapi ia hanya terlihat tanpa batas.

7. Karang tufa pinnacles di Danau Mono Lake, Sierra Nevada

Sebagai cekungan danau terakhir, Danau Mono menyimpan air dalam jumlah banyak namun tidak dapat mengalir dengan baik. Satu-satunya proses alam yang terjadi adalah "penguapan", yang mengakibatkan jumlah air perlahan berkurang sampai karang-karang kapur ini terlihat. 




SOFTWARE PENAMBAH SALDO REKENING TABUNGAN
Anda ingin uang mengalir terus ke rekening Anda?
Inilah solusinya. Download Segera. GRATIS!!

3 komentar:

Posting Komentar


 

Designed by Isdaryanto | Indexed by Google, Yahoo and Bing