Follow Me 
  

PENYEBAB DAN CARA MENGURANGI BAU BADAN


Keringat dan bau badan bisa muncul kapan saja saat anda beraktivitas fisik. Tubuh setiap hari mengeluarkan keringat bahkan saat tidur sekalipun. Ternyata Bakteri dan jamur tertentulah yang mengurai keringat dan melepaskan bahan kimia yang mudah menguap dan menyebarkan bau tidak sedap. Itu sebabnya bau badan sering muncul ketika kita berkeringat. Keringat ditubuh kita terdiri dari kelenjar accrine dan kelenjar apocrine. Kelenjar accrine, memproduksi keringat bening yang dikeluarkan sejak bayi, Keringat ini muncul di tangan, punggung, serta dahi dan tidak bau. Sementara kelenjar apocrine, terdapat di tempat-tempat tertentu, terutama di daerah perakaran rambut. Contohnya keringat yang muncul di kemaluan, ketiak dan di dalam hidung. Kelenjar ini bekerja aktif setelah masa pubertas.

Apa saja penyebab bau badan tersebut ?
Kurang merawat diri.
Seperti saat habis mandi segera keringkan tubuh sebelum menggunakan pakaian. Gunakan handuk bersih. Idealnya sediakan 3. Untuk handuk muka, badan dan kaki.
Konsumsi makanan yang tidak seimbang
Makanan yang banyak mengandung kolin (telur, hati ikan, dan kacang-kacangan), bawang merah, bawang putih, jengkol, makanan pedas, kopi dan alkohol, gorengan dan makanan berlemak dan berdaging dapat menyebabkan bau badan.
Kelainan genetik
Kelainan genetik yang langka disebut trimethylaminuria yang menyebabkan seseorang memiliki bau amis di napas, keringat dan urinnya. Sindrom ini dikarenakan dari cacat pada enzim yang memecah trimetil-amina, produk sampingan dari pencernaan protein yang dikeluarkan oleh bakteri yang ada dalam usus.
Ketidakseimbangan hormon
Ketidakseimbangan hormon pada masa pubertas dan masa menjelang menopause menyebabkan bau badan ikut menyengat.
Stres
Stress menjadi salah satu pemicu kenapa keringat tubuh kita berbau. Kelenjar keringat di ketiak dan selangkangan mengeluarkan zat kental yang mengandung protein, karbohidrat, dan lipid yang keluar lebih banyak saat stress meningkat.
Penyakit
Orang yang menderita diabetes biasanya memiliki bau badan kurang sedap. Hal ini terjadi bila gula darah penderitanya kurang terkontrol sehingga menyebabkan kondisi yang disebut ketoasidosis. Kondisi ini juga dapat menyebabkan bau nafas yang khas. Orang yang terkena penyakit liver atau ginjal yang parah badannya juga berbau tidak sedap. Hal ini disebabkan tubuh tidak mampu memproses dan mengeluarkan racun tertentu. Kelenjar tiroid yang terlalu aktif juga dapat  menyebabkan masalah bau badan karena kecenderungan mengeluarkan keringat berlebih.

Berikut beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk mengurangi bau badan anda:
- Gunakan deodoran. Zat aintipersiran dalam deodoran ini bekerja menahan keringat yang keluar dan mencegah bau yang diakibatkan bakteri. Biasanya deodoran berbasis alkohol dan mengubah kondisi kulit anda menjadi asam (pH kulit), sehingga mengurangi infeksi oleh bakteri.
- Jaga ketiak anda agar selalu kering, karena ketiak yang lembab akan memicu pertumbuhan bakteri dan menimbulkan bau.
- Ubah diet anda. Makanan yang berlemak, berminyak, dan bawang putih juga dapat menyebabkan bau badan.
- Wax atau cukur ketiak anda secara teratur

Demikian sedikit info tentang penyebab dan cara mengurangi bau badan, Semoga bermanfaat yaa...


.




SOFTWARE PENAMBAH SALDO REKENING TABUNGAN
Anda ingin uang mengalir terus ke rekening Anda?
Inilah solusinya. Download Segera. GRATIS!!

0 komentar:

Posting Komentar


 

Designed by Isdaryanto | Indexed by Google, Yahoo and Bing