Follow Me 
  

CARA MENUMBUHKAN MINAT BACA PADA ANAK


Membaca-Bagi sebagian anak adalah kegiatan yang membosankan. Mereka cenderung menyukai hal-hal atau kegiatan,terutama fisik, yang menyenangkan dan penuh keceriaan  seperti bermain. Ini sesuai dengan perkembangan usia mereka. Anak-anak belum menyadari akan arti pentingnya dan manfaat dari membaca. Oleh sebab itu, perlu ditumbuhkan minat membaca dalam diri anak. Lantas bagaimana caranya agar anak suka membaca?
            Seorang anak biasanya melihat dan menirukan aktivitas yang dilakukan oleh orang tua. Oleh karena itu, bagi orang tua yang suka atau mempunyai hobi membaca sebenarnya tidaklah sulit menularkan hobi membaca kepada anak. Ciptakan suasana senyaman mungkin agar anak menjadi suka membaca dan jadikanlah kegiatan membaca sebagai kegiatan yang menyenangkan. Biasanya anak menjadi malas membaca karena beberapa faktor antara lain karena si anak kesulitan memahami bahan bacaan, lingkungan yang kurang mendukung minat membaca atau mungkin karena anak terlalu banyak kegiatan.
Berikut ini beberapa cara menumbuhkan minat baca pada anak :
  1. Biasakan orantua untuk membaca terlebih dahulu, sehingga anak mencontohnya. Ajak anak untuk membaca bersama, sambil bercerita mengenai isi buku.
  2. Sediakan bahan bacaan sesuai usia mereka. Pilihlah buku-buku yang tebal dengan warna-warna ceria serta  menampilkan gambar yang menarik
  3. Letakkan buku di rak yang mudah dijangkau anak, agar sewaktu-waktu mereka bisa mengambil dan membaca buku.
  4. Ajak anak ke toko buku, agar ia tertarik dengan buku. Biarkan mereka memilih judul yang disenangi, namun orangtua juga ikut membantu memilihkan sesuai dengan usia mereka.
  5. Ajarkan anak  membaca dan menyuarakan sesuai tokoh yang dibaca, agar dapat menghidupkan karakter tokoh yang ada pada buku
  6. Tingkatkan level bacaan anak, dari yang sifatnya ringan, sedang dan berat seiring perkembangan anak.
Demikian beberapa cara menumbuhkan minat baca pada anak. Jangan dimarahi bila anak belum ada minat membaca. Janganlah menjadikan kegiatan membaca sebagai kegiatan yang nantinya membebani anak. Semoga penjelasan diatas bermanfaat.



SOFTWARE PENAMBAH SALDO REKENING TABUNGAN
Anda ingin uang mengalir terus ke rekening Anda?
Inilah solusinya. Download Segera. GRATIS!!

0 komentar:

Posting Komentar


 

Designed by Isdaryanto | Indexed by Google, Yahoo and Bing