Follow Me 
  

PERAN ORANG TUA DALAM PENDIDIKAN ANAK


Pendidikan merupakan suatu usaha manusia untuk membina kepribadiannya agar sesuai dengan norma-norma atau aturan di dalam masyarakat. Pendidikan juga merupakan sebuah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar secara aktif mengembangkan potensi dalam diri anak untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, serta akhlak mulia.
Orang tua adalah guru pertama terhadap anak, sebab orang tua merupakan teladan utama bagi seorang anak. Peran orang tua dalam pendidikan anak sangat penting.Terlebih peran orang tua mendidik anak berahklakul qarimah. Penekanan yang harus dilakukan oleh orang tua kepada pendidikan anak adalah mendidik anak dengan norma - norma agama. Baik buruknya seorang anak tergantung dari pada pendidikan orang tua. Pendidikan agama terhadap anak adalah sesuatu yang sangat penting, sebab pendidikan agama merupakan fondasi utama dalam membentuk keperibadian anak.
Pendidikan yang diperoleh anak ketika berada di rumah juga sangatlah penting. Bagaimanapun juga, sebagian besar waktu anak dihabiskan di rumah. Di sinilah peran orangtua menjadi hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Orangtua sebaiknya mengawasi bagaimana anaknya menghabiskan waktu di rumah.
Mendampingi anak ketika mengerjakan PR di rumah menjadi salah satu hal yang harus dilakukan oleh orangtua demi kesuksesan pendidikan anaknya. Kegiatan ini bisa membantu orangtua memastikan pencapaian sang anak terhadap pelajaran di sekolah. Pendampingan juga perlu dilakukan ketika anak menonton TV atau bermain.
Pada zaman sekarang ini pengaruh dari luar terutama media komunikasi dan informasi, saat ini sangat rentan berpengaruh tidak baik dalam pembentukan keperibadian anak. Disinilah tugas utama yang harus dilakukan orang tua. Mengawasi dan memfilter media yang baik kepada anak. Hal ini bertujuan agar anak tidak mudah mengikuti arus globalisasi yang ada. Kemajuan teknologi informasi yang ada tidak harus kita hindari. Tetapi sebagai orang tua harus benar-benar mengawasi anaknya dalam menggunakan teknologi yang ada.

Dari sedikit uraian diatas memberikan penjelasan mengenai pentingnya peran orangtua dalam pendidikan anak, karena pendidikan anak yang sesungguhnya merupakan pendidikan dari orangtuanya.



SOFTWARE PENAMBAH SALDO REKENING TABUNGAN
Anda ingin uang mengalir terus ke rekening Anda?
Inilah solusinya. Download Segera. GRATIS!!

1 komentar:

Poskan Komentar


 

Designed by Isdaryanto | Indexed by Google, Yahoo and Bing