Follow Me 
  

KOMPONIS TERKENAL DUNIA


Komponis adalah orang yang menciptakan hasil karya musik. Istilah komponis mengacu kepada orang yang menulis komposisi musik instrumental maupun vocal dalam format solo, duo trio kuartet, kwintet dst sampai dengan orchestra dan meneruskan kepada orang lain untuk memainkannya. Pada zaman renaissance, barok, klasik hingga romatik banyak komponis yang terkenal akan karya-karya besarnya, antara lain Antonio Vivaldi, Wolfgang Amadeus Mozart, Ludwig van Beethoven. Sebenarnya masih banyak komponis terkenal dunia yang lain pada zaman renaissance hingga zaman romantik.
Berikut ini beberapa komponis-komponis terkenal dunia dari zaman barok hingga zaman romantik

Vivaldi, Antonio(1678-1741)
Komposer Italia pada masa akhir Barok. Lahir di Venice dan lama tinggal di sana untuk bekerja. Dari tahun 1704 sampai dengan tahun1740 ia mengajar pada Conservatorio dell’Ospedale della Pieta , sebuah sekolah musik bagi perempuan.. Vivaldi seorang pemain biola mahir dan dikenal sebagai pencipta banyak konserto groso tak kurang dari 400 jumlahnya.Beberapa karyanya itu berjudul, contohnya, Six Concertos in Book I Opus 8: The Trial of Harmony and Invention : (1) Spring; (2) Summer; (3)Autum; dan (4) Winter—semua biasanya dimainkan sesuai denganempat musim (The Seasons); dan (5) The Storm at Sea; (6) Peace.Selain menulis opera, Vivaldi juga mencipta musik kamar kurang-lebih100 sonata dan musik gereja (contoh, yang terpopuler berjudulGloria in D major)

Bach, Johann Sebastian (1685-1750)
Komposer-organis Jerman pada akhir era Barok. Sebagai seorang kontrapungtis, karya-karya fuga-nya tetap menjadi model dari kesempurnaan polifonik. Komposisi-komposisi termashurnya meliputi musik keyboard, cantata, passion,oratorio, concerto, dan musik-musik kamar. Gaya komposisi Bach meliputi semua gaya Barok—elegan dan polifoni yang kaya dan dikemas secara disiplin, hamonisasi yang intesif,dan mengutamakan ekspresi. Dua buku yang mengembangkan kontrapung adalah Preludes dan Fugues dalam semua kunci mayor yang memuat 48 nomor untuk ketrampilan. Karya terakhir Bach dicipta di tempat tidur sebelum ia meninggal berupa prelude untuk organ dan paduan suara. Hanya sedikit karyanya yang diterbitkan sewaktu ia hidup, tetapi beberapa musisi belajar dari metode-metodenya. Haydn dan Mozart belajar langsung dari Bach, dan juga Beethoven. Karya-karya penting Bach adalah: Musik-musik vocal Magnificat in D major, St John Passion,St Mattew Passion, Christmas Oratorio,danMass in B minor.Beberapamusik orkestra: empat suita dan Brandenburg Concertos  (enam nomor).Solo concerto untuk biola sangat terkenal hingga kini adalahViolin Concerto in A minor danViolin Concerto in E mayor , sedangkan untukdua biola dalahConcerto for two Violins in D minor . Karya musikkeyboard meliputi The ‘48’ Prelude and Fugue (Book I and Book II),Chromatic Fantasy and Fugue, Italian Concerto, dan Goldberg Variations.

Handel, George Frederick
Lahir di Halle, Saxony pada tanggal 23 Februari 1685 dan meninggal di London tanggal 14 April 1759. Handel adalah salah-satu dari komposer yang memiliki riwayat hidup yang unik, ia tidak mendapatkan restu dari ayahnya untuk belajar musik. Mulai belajar musik secara sembunyi-sembunyi pada malam hari, tetapi kemudian bisabelajar dari guru-guru lokal di tempat tinggalnya pada waktu kecil.Selama tiga tahun belajar organ, clavier, biola, dan komposisi di bawah bimbingan Zachau. Opera pertamanya Almira diperkenalkan di Gedung Opera Hamburg dan mendapatkan sukses besar, tetapi opera kedua Nero gagal. Handel menulis sekitar 40 opera, tetapi kemudian lebih berkonsentrasi pada komposisi orarotio yang beberapa karyanya kelak menjadi terkenal seperti Saul (1738), Israel Egypt (1738) dan Messiah (1741) sebagai karyanya yang paling termashur.


Haydn, Franz Joseph(1732-1809)
Komposer Austria, bersama dengan Mozart dan Beethoven,mewujudkan dasar-dasar penting Klasikisme Wina. Walaupun Haydn dianggap tidak menemukan bentuk musik tertentu, tetapi ia berperan mematangkan beberapa bentuk musik seperti sonata form dan menempatkannya dalam simfoni sebagai bagian pertama simfoni yangmenjadi ciri khas musik Klasik. Di tangan Haydn pula gaya simfoni mendapatkan bentuk dan isinya, juga musik kuartet gesek dibuatnya menjadi medium yang mengekspresikan keintiman. Ia adalah komposerproduktif yang setia dengan bentuk dan jenis musik pilihannya; mencipta104 simfoni, 83 kuartet gesek, 3 oratorio, tidak kurang 30 konserto untuk instrumen solo, 60 sonata piano, 19 opera, dan ratusan karya musik kamar.

Mozart, Wolfgang Amadeus(1756-1791)
Mozart merupakan salah satu komponis terkenal dunia pada masa jaman klasik Komposer Austria terkemuka, jenius terakhir, dan satu dari para pencipta hebat dalam peradaban Barat. Mozart adalah anak ajaib, bermain dalam istana-istana di Eropa sejak usia enam tahun. Komposisi pertamanya dipublikasikan pada tahun 1763, pada saat ia menginjak usia tujuh tahun. Masa kanak-kanak di Salzburg, kemudian pindah dan menetap di Wina. Selama tahun 1780-an ia dan Haydn salingbersahabat, masing-masing berkarya untuk mengembangkan gaya musik Klasik. Mozart sangat suka pada semua gaya musik dan menciptakan musik-musiknya dengan sangat baik. Opera-operanya menjadi repertoar penting pada gedung-gedung opera, beberapa simfoni terutama nomor-nomor 36, 39, 40, dan 41, secara tetap dimainkan; selain itu jugakonserto-konserto untuk piano maupun biola sangat dikenal publik.Selama masa hidupnya yang singkat, ia mencipta banyak kumpulan karya seperti 49 sinfoni, 40 konserto dalam berbagai variasi solo, 16opera, musik-musik kamar, sebuah musik kematian requiem , 15 misa,danMagnificat . Ia mampu mencipta komposisi secara lengkap hanya dibenaknya saja dan kemudian menuliskannya pada kertas.

Weber, Carl Maria von(1786-1826)
Komposer Jerman, memulai karir pada tahun 1804 ketika menjadikondaktor di Breuslau hingga tahun 1806. Opera Silvana dibuat diFrankfurt (1810) danAbu Hasan (1811) di kota Darmstadt. Ia jugaseorang pianis dan banyak menulis musik instrumental terutama untukinstrumen klarinet; musiknya menjadi kontribusi penting antara Mozartdan Brahms. Opera Der Freischütz mulai dicipta tahun 1817 dan selesai pada tahun 1820, mencapai sukses sebagai permulaan opera besarRomantik Jerman



Beethoven, Ludwig van(1770-1827)
Ludwig van Beethoven adalah seorang komponis musik klasik dari Jerman dari pasangan Johann van Beethoven (1740-1792) Maria Magdalena Keverich (1767-1787). Komposer ini merupakan tokoh penting pada era Akhir Klasik dan AwalRomantik. Secara struktural komposisinya menjadi puncak dari keanggunan dan kejernihan Klasikisme Wina. Karyanya yang terkenal adalah simfoni kelima dan kesembilan, dan juga lagu piano Für Elise. Semasa muda, ia adalah pianis yang berbakat, populer di antara orang-orang penting dan kaya di Wina, Austria, tempatnya tinggal. Secara isi emosional komposisinya menggunakan kekuatan warna instrumen dan menunjukkan ciri-khas musik Jerman selama abad ke-19. Barangkali tak ada komposer yang mampu menyamai prestasinya dalam mencipta berbagai jenis komposisis seperti dirinya. Simfoni No. 3 berjudul Eroica menjadi sangat terkenal karena sikapnya yang berani menentang Kaisar Napoleon yang menobatkan diri sebagai Kaisar Perancis. Ia adalah pendobrak tradisi Klasik Wina dan menjadikan gayaRomantik penuh emosi dalam musik sebagai idealismenya yang universal. Pada tahun 1801, ia mulai menjadi tuli. Ketuliannya semakin parah dan pada 1817 ia menjadi tuli sepenuhnya. Meskipun ia tak lagi bisa bermain dalam konser, ia terus mencipta musik, dan pada masa ini mencipta sebagian karya-karyanya yang terbesar. Ia menjalani sisa hidupnya di Wina dan tak pernah menikah. Tanggal 26 Maret 1827, ia wafat di Wina.
Brahms, Johannes(1833-1897)
Brahms lahir dari keluarga musikal, ayahnya seorang pemainkontra bas. Brahms mendapatkan pelajaran musik sebagai pianis di bawah bimbingan Eduard Marxen,tetapi segera ia mulai menulis komposisi. Pada tahun 1853 Brahms bertemu dengan Eduard Remenyi, seorang gipsy Hungaria, dan menjadi pianis pengiringnya dalam tur keliling bersama ke berbagai tempat ke Hannover dan bertemu pula dengan pemain biola ternama Joseph Joachim. Brahms adalah komposer Jerman yang berdiri sebagai jawara musik absolut selama era Romantik abad ke-19. Karya-karyanya berkarakter ekspresi yang dalam menggunakan bentuk-bentuk yang jernih, menunjukkan kemahirannya yang tinggi dalam menulis komposisi dalam berbagai macam media. Brahms menulis empat simfoni, duakonserto piano, dan dua overtur yang mencapai sebagai repertoarstandar.A German Requiem
adalah salah-satu dari karya vokal maha besar abad ke-19. Beberapa lieder
mencapai taraf sangat tinggi, juga pada solo piano, trio-trio sonata, kuintet, dan kuartet gesek.
Chopin, Frederic(1810-49)
Komposer dan pianis Romantik kelahiran Polandia. Lahir diZelazowa Wola, dekat Warsawa; meninggal di Paris. Chopin lahir dengan kewarganegaraan Perancis dan Polandia, ayahnya seorang Perancisyang menetap di Warsawa dan ibunya seorang Polandia, tetapi Chopin selalu merasa dirinya sebagai seorang Polandia yang sangat patriotik. Pada usia 20 tahun menjadi sangat berpengalaman sebagai pianis dan memutuskan untuk mulai meniti karir musiknya lebih mendunia. Ia banyak melakukan konser perpisahan di Warsawa dan kemudian melakukan tur ke banyak kota di Jerman maupun Austria. Kebanyakan dari karyanya merupakan miniatur untuk piano, etude, nocturne, prelude,balada, dan lain-lain. Ia juga mencipta sejumlah mazurka dan polonaise, musik tarian yang bergaya nasional Polandia. Karya-karya pianonyamenjadi repertoar standar bagi konser dan resital para musisi dunia. Ia menggunakan gradasi tempo dan dinamik-dinamik sebaik ia menggunakan kromatik sebagai ciri-khasnya seorang inovator dalam musik piano era Romantik. Musik Chopin meliputi: 54 Mazurkas, 25 Preludes; 27 Studies (Etudes); 14 Waltzes; 19 Nocturnes; 10 Polonaises;4 Ballades; 4 Impromptus; 4 Scherzos; dan 3 Sonatas.
Debussy, Claude(1862-1918)
Lahir di St Germainen-Laye, sekalipun begitu ia lebih sebagai warga Paris. Pada usia 11 tahun mulai belajar piano dan teori musik,serta belajar komposisi di bawah bimbingan Ernest Guiraud dan Massenet. Debussy berhasil memenangkan kompetisi musik Prix deRome pada tahun 1884. Komposer Perancis dan pencetus aliran Impresionisme  Perancis, gerakan nasionalistik yang mencoba bertujuan untuk melawan berkembangnya Romantikisme Jerman. Ciri musikDebussy terselubung, harmoni yang eksotis dan bimbang, tangga nada pentatonik dan dua-belas nada, sangat ringan dan perasaan sugestif, dankeindahan yang halus. Pada mulanya ia dikenal sebagai komposer yang penuh teka-teki tetapi kini menjadi tokoh yang paling penting selama awalabad ke-20. Ia mencipta nyanyian-nyanyian, musi-musik piano yangpopuler, musik orkestra, dan satu opera besar Pelléas et Mélisande (1902). Tahun 1908 ia diminta sebagai pianis dan kondaktor serta melakukan tur ke London, Vienna, Budapest, Moskow, Roma,Amsterdam, dan di mana saja untuk konser. Ia seorang yang sakit-sakitan dan kemudian menjalani operasi kanker yang gagal. Meskipun demikian Debussy tetap melanjutkan pekerjaannya. Debussy meninggal pada akhir tahun, saat perang tahun 1914-18 di mana Jerman menghancurkan kota Paris kesayangannya.
Dvorák, Antonin(1841-1904)
Komposer Bohemia periode Romantik yang menunjukkan nasionalisme kuat dalam banyak simfoni dan komposisi-komposisivokalnya. Dvorák adalah seorang melodikus besar, lirikisme praktis meliputi seluruh karya-karyanya. Sebagai seorang penerus Brahms ia cepat mencapai kemashuran melalui kemampuannya menulis komposisi. Simfoni terkenal No. 9 (From the New World ) dan kuartet gesek the American dipersembahkan pada periode itu, tetapi sekalipun keduanya dipengaruhioleh melodi-melodi dan semangat orang Amerika, karya-karya itu tidak bermuatan lagu atau langgam spesifik, sebagai kekeliruan yang sering dilakukan. Dvorák menulis segala macam gaya musik. Kesepuluh operanya kebanyakan tidak dipergelarkan di negaranya sendiri, tetapi dari itu ada yang menjadi karya adilihung seperti The Devil and Kate (1899), dan Rusalka (1901). Karya choralnya antara lain Stabat Mater(1875), sebuah Misa dalam D mayor (1887) dan Te Deum (1892)

Liszt, Franz(1811-86)
Komposer dan pianis Romantik Hungaria yang paling terkenalselama kurun waktu hidupnya. Komposisinya menunjukkan gaya modern,ia tercatat turut mengembangkan simfoni puisi sebagai sarana untukmengekspresikan ekstra-musikalnya. Dalam perang ideologis pada abadke-19, ia bersekutu dengan Wagner. MelaluiDon Juan , Liszt hadir dalam pesta-pesta istana dan di gedung-gedung konser seluruh Eropa dandikenal sebagai seorang virtuoso piano abad ke-19. Karyanya meliputi 12simfoni puisi, dua konserto piano, beberapa musik untuk piano, dan satuvariasi berupa transkripsi untuk piano dari karya-karya para komposer

Mendelssohn, Felix(1809-47)
Komposer Jerman era Romantik yang sangat kreatif dan jenius,serta kondaktor yang hebat. Di akhir karirnya ia membangkitkan kembaliSt. Mattew Passion karya J.S. Bach. Mendelssohn memiliki imajinasi sangat tinggi, karya-karyanya kebanyakan ditandai oleh kesan-kesan perjalanan. Musiknya berkarakter tenang tetapi lirikisme romantis dan dengan orkestrasi kebanyakan ringan memikat dan selalu penuh warna.Karya-karyanya meliputi oratorio-oratorio, lima simfoni, musik insidenta lsepertiA Midsummer Night’s Dream , sebuah overtur untuk band, banyakmusik piano, dan sebuah konserto biola yang sangat terkenal.

Rakhmaninov, Sergey(1873-1943)
Komposer Rusia dan pianis yang beraliran Pasca-Romantik padaabad ke-20. Ia menerima pelajaran musik di St. Petersburg danKonservatori Moskow. Pada tahun 1892 mulai tur konser pertama sebagai seorang virtuoso piano, karirnya sangat maju dan cepat dikenaldunia baik sebagai pianis maupun komposer musik Romantik Tinggi.Revolusi Rusia (1917) telah memaksa ia meninggalkan Rusia.Rakhmaninov seorang yang sangat berperasaan, pribadi yang hangat,dan karakternya tampak pada musiknya yang merefleksikan keramahan,melodi melankolis, dan banyak karya darinya menjadi terkenal di seluruh dunia. Tiga konserto piano terakhir darinya menjadi repertoar standar bagi para pianis dunia. Rakhmaninov menghabiskan sisa hidupnya dengan berkeliling, tinggal di Switzerland dan Amerika. Karya-karyaorkestra meliputi tiga simfoni, sebuah simfoni puisi The Isle of the Dead(1907), empat piano konserto, dan sebuah Rhapsody on a Theme by Paganini untuk piano dan orkestra (1934)

Schubert, Franz Peter(1797-1828)
Komposer Austria masa akhir Klasik dan awal Romantik,bersamaan dengan periode Beethoven, ia salah-seorang pertama yangmembuat nyanyian menjadi penting dalam lingkup komposisi musik.Schubert hanya sedikit belajar sebagai musisi dan menunjukkan sebagai jenius melalui seluruh komposisinya. Mencipta sekitar 600 nyanyian(lieder ) yang mungkin menjadikan dirinya sebagai seorang master, ia pandai menerapkan efek keseimbangan sempurna antara melodi, iringan,dan puisi. Schubert mencipta delapan simfoni, tetapi karena kesalahan penomoran menjadi berjumlah sembilan. Simfoni No. 8 terkenal dengan nama Unfinished Symphony dalam B minor karena hanya terdiri dari dua bagian saja. Opera-operanya kurang dikenal luas, tetapi overtur dan musik insidental seperti Rosamunde danUnfinished Symphony menempati urutan atas sebagai repertoar musik orkestra. Schubert tidak sukses secara finansial sebagai komposer, hanya sedikit pada saat dekatdengan akhir hidupnya melalui beberapa karyanya ia dihargai.

Schumann, Robert (1810-1856)
Komposer Jerman dan jurnalis pada era Romantik. Iamenunjukkan diri sebagai seorang pianis berbakat, tetapi pada tahun1832 tangan kanannya terluka karena kecelakaan yang menyebabkankarirnya berakhir. Ia kembali mencipta komposisi dan menulis karangan. Pada tahun 1840 menikah dengan Clara Wieck, seorang virtuoso piano abad ke-19. Kejeniusan Schumann direfleksikan dengan baik sekali melalui kekuatan lagu, instabilitas ritmik, dan keaslian harmoni padalieder dan karya-karya piano. Dua simfoni pertama dari empat ciptaannya, konserto piuano, dan konserto cello—semua menjadi karya-karya utama. Schumann mengalami kelainan mental yang sebenarnya telah muncul pada saat muda dan kemudian menjadikan ia gila dan meninggal karenanya.

Tchaikovsky, Peter Ilyitch(1840-1893)
Komposer Rusia era Romantik yang bukan sebagai anggota dari”the Russian Five ”,  bahkan dalam beberapa hal ia berlawanan dengan mereka khususnya obsesi tentang nasionalisme. Tchaikovsky merasa bahwa musik harus bisa dirasakan secara mendunia dan menggantikan perasaan murni nasionalistik. Meskipun begitu, sedikit dari karya-karyanya contohnya Overture 1812 menunjukkan bukti hati nurani nasionalismenya. Ia sangat berperasaan dan penuh iba terhadap dirinya,hal itu terwujud dalam musik-musiknya. Tchaikovsky menjadi salah-satu tokoh komposer Romantik yang karya-karyanya unggul dan mendapatkan tempat di hati penggemarnya.

Wagner, Richard (1813-1883)
Komposer Jerman era Romantik dan sebagai salah-seorang dari tokoh musik paling kontroversial abad ke-19 dalam sejarah musik. Dariperspektif konsep estetika ia berlawanan dengan Johannes Brahms, ia mempercayai bahwa musik haru mengungkapkan  kedalaman filosofis dan makna ekstramusikal tertentu. Ia tertarik mengembangkan musikdrama (Gesamtkunstwerk , ”compsite art work ”),  mendemonstrasi-kantekadnya bahwa operan tidak sesederhana berupa serangkaian dari bagian-bagian kecil tetapi harus lebih mengalir sebagai drama, emosi,dan tentu musik. Ia menerapkan gagasan-gagasan estetiknya melalui leitmotiv yang diterapkan pada berbagai macam karakter, tempat,kejadian, dan konsep-konsep yang abstrak. Wagner adalah seorangnasionalis tulen, keahliannya sangat tinggi tampak dalam musik drama Der Ring des Nibelungen (The Ring of the Nibelung ) yang pertama kali dipentaskan tahun 1876 berdasarkan atas mitologi Teutonic Die Meistersinger von Nurenberg (The Mastersingers of Nurenberg ) 1868 dan Parsifal , 1882—keduanya merupakan opera-opera yang mencapai sukses besar.







SOFTWARE PENAMBAH SALDO REKENING TABUNGAN
Anda ingin uang mengalir terus ke rekening Anda?
Inilah solusinya. Download Segera. GRATIS!!

0 komentar:

Poskan Komentar


 

Designed by Isdaryanto | Indexed by Google, Yahoo and Bing